Hosting Kolokasi Server Terdedikasi dan Dikelola

Web hosting dapat dilakukan dengan berbagai cara, menawarkan tingkat kontrol dan biaya yang berbeda untuk pengguna akhir. Untuk pengguna yang berpengalaman dalam teori web hosting dan membutuhkan kontrol yang baik, pilihan akhirnya dipersempit ke server khusus yang dikelola, dan hosting colocation CBTP.

Server khusus yang dikelola memungkinkan klien untuk menyewakan seluruh server untuk dirinya sendiri. Klien mendapat kendali penuh atas server ini, dan bertanggung jawab atas setiap perubahan yang dilakukan padanya – administrasi, yang berkaitan dengan keamanan, perangkat keras, perangkat lunak, OS dan sebagainya. Beberapa penyedia hosting khusus menawarkan dukungan untuk sistem operasi dan aplikasi, tetapi ini jarang terjadi.

Layanan colocation, di sisi lain, menyediakan pemeliharaan eksternal dan pemeliharaan untuk server, tetapi server harus dibeli oleh klien. Konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak diputuskan oleh klien, dan host colocation hanya menyediakan ruang untuk menjaganya, koneksi Internet yang stabil, pasokan daya dan pendingin, perlindungan terhadap kebakaran dan fasilitas semacam itu. Jelas, ini memberi klien total kontrol atas server. Namun, itu juga yang paling mahal.

Berikut ini adalah perbandingan poin demi poin dari kelebihan dan kekurangan relatif dari server khusus dan hosting colocation:

1. Kontrol. Akun khusus dimiliki oleh perusahaan hosting, dan keseluruhan perangkat keras dikendalikan oleh mereka. Sebaliknya, server dalam hosting colocation dimiliki oleh klien. Ini memberi klien kendali penuh atas perangkat keras dan lunak, hanya menyisakan pemeliharaan dan pemeliharaan di tangan tuan rumah colocation.

2. Investasi awal. Server colocation perlu dibeli. Ini adalah biaya dimuka yang jauh lebih besar daripada uang muka yang dibuat untuk host server khusus.

3. Biaya berulang. Server colocation dapat dibiarkan apa adanya selama beberapa tahun setelah pembelian. Namun, memutakhirkan server colocation akan secara otomatis menaikkan biayanya jauh di atas sewa server khusus.

4. Ketersediaan hosting. Saat ini, host colocation semakin beralih ke dedicated server, karena ini jauh lebih menguntungkan bagi mereka.

Colocation hosting, berkat biaya pemasangan yang tinggi tetapi pemeliharaan yang relatif rendah, paling populer di kalangan perusahaan yang membutuhkan basis data besar.

Perusahaan telekomunikasi, perusahaan raksasa dan perusahaan eCommerce adalah yang paling mungkin memanfaatkan layanan ini. Bagi mereka, uang sewa yang disimpan menambah jumlah yang besar.

Untuk sebagian besar pengguna rumahan dan pemilik usaha kecil, dedicated server menjadi rute pilihan di web hosting. Dedicated server datang dengan keuntungan tambahan bahwa perusahaan hosting bertanggung jawab untuk memelihara perangkat keras. Namun, seseorang dapat memiliki mesin lengkap untuk dirinya sendiri – yang mencegah serangan virus atau malware pada pengguna lain dari dampak sistem. Ini adalah salah satu keuntungan terbesar yang dimiliki server khusus dibandingkan hosting bersama atau Server Pribadi Virtual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *